Thursday, April 19, 2012

Olahraga Yang Efektif Untuk Membakar Kalori





Saat berolahraga, tubuh kita akan membakar kalori untuk menyediakan tenaga. Sangat menguntungkan bila kita berolahraga karena meski anda telah selesai berolahraga, tubuh masih akan terus membakar banyak kalori.
Berikut adalah olahraga yang bisa menjadi pilihan Anda dalam menurunkan berat dimana ukuran pembakaran kalorinya dihitung berdasarkan ukuran berat badan sekitar 68 kg (Jika berat badan makin tinggi, kalori yang terbakar juga lebih banyak), rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Lari 
 Berlari adalah salah satu aktivitas kardiovaskular terbaik untuk mengurangi berat badan. Berlari membakar sekitar 850 kalori perjam dengan kecepatan berlari lima menit per km. Namun, tidak semua orang cocok dengan olahraga ini karena sensitif terhadap aktivitas olahraga keras.
2. Aerobik 
Olahraga jenis ini dapat membakar banyak kalori sekaligus memperindah bentuk pinggul dan paha. Melakukan Aerobik dapat membakar sekitar 357 kalori selama satu jam. Namun, hasil ini akan
berbeda karena tergantung dengan seberapa tinggi aktivitas yang dilakukan saat aerobik.
3. Memanjat Tebing 
 Olahraga jenis ini, tidak berbuat banyak terhadap hasil kerja jantung, namun kekuatan, ketahanan dan fleksibilitas akan bertambah besar. Kalori yang terbakar adalah sekitar 371 Kalori per 30 menit.
4. Bersepeda 
 Bersepeda adalah kegiatan non-weight bearing yang sangat baik (berat kita tidak ditopang oleh tubuh), dan tergantung pada kecepatan. Olahraga ini bisa membakar kalori antara 560 sampai 850 per jam, dengan bersepeda sekitar 24 sampai 29 km per jam. Bersepeda adalah olahraga menurunkan berat badan yang hampir bisa dilakukan semua orang karena kecil kemungkinannya menyebabkan cidera pada otot.
5.  Berenang 
Merupakan alternatif yang baik dan kecil kemungkinannya menyebabkan cidera pada engsel. Olahraga air sangat baik untuk keseluruhan tubuh karena membuat hampir seluruh otot tubuh bekerja saat berenang. Berenang bisa membakar kalori antara 297 dan 523 kalori per jam, tergantung gaya renang dan kecepatannya.
6.  Bola Basket 
Memainkan bola basket secara nonstop akan mengurangi sekitar 288 kalori per 30 menit, dan membentuk fleksibilitas, ketahanan dan kesehatan kardiorespiratori.
7.  Tenis
Olahraga ini membakar sekitar 250-300 kalori per 30 menit, memberikan kesempatan yang besar untuk membakar kalori berlebih dan membentuk kebugaran kardiorespiratori.
8.  Bulutangkis 
Jumlah kalori yang terbakar selama bermain bulutangkis sebagian tergantung pada intensitas bermain yaitu berkisar antara 272 – 500 kalori dalam satu jam. Bulutangkis juga memberi manfaat kardio yang besar, melatih kekuatan kaki dan dapat memberi kepadatan tulang sehingga dapat mencegah atau menjauhkan seseorang dari ancaman osteoporosis.

Sumber:
www.info-minz.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Pesan