Saturday, April 21, 2012

Tips Gaya Hidup yang Sehat





Gaya hidup sehat adalah sesuatu yang didambakan setiap orang, tetapi banyak orang yang tidak bisa mempraktekannya. Kunci untuk gaya hidup sehat adalah keseimbangan, moderasi dan dedikasi. Bagian paling penting dari perubahan gaya hidup yang sukses adalah diri anda sendiri.

Berikut ini tips untuk gaya hidup yang sehat:
1). Pola Makan: 
Banyak orang membuat kesalahan berkaitan dengan pola makan, dengan banyak mengurangi makan. Ini BUKAN solusi. Jangan makan kurang, makanlah lebih banyak! Kuncinya adalah untuk memastikan bahwa Anda makan lebih banyak dari jenis makanan yang tepat. Pastikan bahwa diet Anda termasuk banyak air, buah, biji-bijian (Oats, beras, pasta, roti gandum) protein, dan sayuran

2). Olahraga yang Cukup: 
Olahraga adalah cara yang baik untuk melawan stres, meningkatkan fungsi jantung sehat, dan meningkatkan kadar energi. Anda tidak harus olah raga berjam-jam setiap hari, tapi cukup  melakukan olahraga ringan selama 30 menit tiap hari.

3). Banyak Tertawa: 
Menjaga sikap positif adalah baik untuk Anda. Tawa memicu pelepasan endorfin. Tertawa menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinehrinem, dan dopamine, meningkatkan sekresi hormon endomorfin (hormon ini menyebabkan perasaan senang, bahagia), memacu pelepasan hormon mirip opium yang memiliki efek meningkatkan toleransi terhadap rasa nyeri, meningkatkan jumlah produksi sel antibodi, dan meningkatkan keefektifan sel T..

4). Tidur yang cukup: 
Tidur sangat penting untuk fungsi metabolisme tubuh sehari-hari dan gaya hidup sehat. Anda harus mendapatkan sekitar tujuh jam setiap malam. Jadi jika Anda saat ini tidak mendapatkan jumlah itu, cobalah untuk mengatur sendiri waktu yang memungkinkan untuk membuat tidur cukup

5). Jangan lewatkan Sarapan: 
Setelah sarapan pagi, kita benar-benar bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan meningkatkan energi sepanjang hari. Bila Anda melewatkan sarapan, Anda mungkin tanpa sadar akan makan lebih banyak di siang harinya, dan ini tidak dianjurkan.
Buah, gandum dan yoghurt rendah lemak adalah pilihan yang bagus (Yoghurt mengandung protein tinggi dan kalsium). Jika Anda bangun tidak merasa sangat lapar, jangan memaksakan diri untuk makan makan besar, cukup makan sesuatu lebih ringan. Itu lebih baik daripada tidak makan apa-apa.

6). Catat semua yang Anda makan: 
Kedengarannya gila. Tapi jika Anda mencatat segala sesuatu yang Anda makan atau minum, Anda akan dapat melihat apa makanan yang Anda makan, baik terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ini akan membuat anda bisa mengontrol terhadap makanan yang sehat untuk anda sendiri.

7). Jangan berhenti makan coklat, permen dan makanan penutup sama sekali: 
Anda harus bijaksana. Jangan melihat diet Anda sebagai penyiksaan. Anda masih bisa menikmati makanan penutup favorit Anda, tetapi hanya dalam jumlah yang terkendali.

Buatlah daftar resep sehat dan ide makan yang mencakup makanan ini dan mulai memasukkannya ke dalam program diet Anda.

Sumber:
By: Brett Van Zyl

No comments:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Pesan