Wednesday, November 16, 2011

Cara Mengganti Nomor Handphone Webmoney (WMZ)


Kemaren ada kejadian yang menjengkelkan dan sedikit bikin was-was hati saya. Ini terjadi saat saya mau melakukan transfer antar rekening WMZ. Biasanya saat mengisi form transfer (send webmoney), di barisan terakhir adalah harus memasukkan kode captcha. Tapi kemaren bener2 diluar dugaan, karena yang muncul adalah input kode konfirmasi sms.
Saya bingung setengah mati, karena nomor hape waktu saya daftarkan pertama kali membuat akun WMZ saat itu, sekarang udah hilang dan hangus. Saya sudah mencoba mengganti nomor hp saya lewat menu ganti handphone, dan juga udah coba menu metode konfirmasi (maunya sih saya ganti metode konfirmasi via email). Tapi semuanya ujung2nya masih minta kode konfirmasi via hp nomor lama. Akhirnya saya mendatangi gallery indosat untuk mencoba mengaktifkan kembali nomor saya yg lama tadi. Pihak gallery pun udah gak bisa menolong, karena udah terlalu lama gak aktif dan udah hangus. 
Waduh.. langsung lemes saya gan.. bagaimana tidak, saya punya lumayan banyak saldo di akun WMZ tsb. (utk ukuran saya loh..) he..he..he


Sayapun kepikiran ide utk mengirim email ke support webmoney. Saya cari alamat emailnya akhirnya ketemu juga, alamatnya adalah support@wmtransfer.com
Dengan bahasa inggris yang amburadul, sayapun mengirim email ke support, bahkan saya ulangi sampai 3x dengan bahasa yg tidak sama (yang terakhir adalah editan bahasa dari sobat dekat saya). 
Isinya kurang lebih begini:
"dear support wmtransfer
my account webmoney is xxxxxx
WMZ Purse Zxxxxxxxx
My phone number already broken, can not be used for confirmation sms and send money
what is the solution? help me please..!


best regards,
amin kusosi "
Tak disangka, kurang dari 1 jam ane mendapat balasan cepat dari tim support. Bahkan 3x email yg saya kirim, juga dibalas 3x pula dengan jawaban yg sama seperti tampak SS di atas.
Saya dikasih link khusus utk mengganti data pribadi, termasuk mengganti nomor handphone lama digantikan yg baru. Dan yang paling penting, saat itu ada pertanyaan kunci (control question) yang harus dijawab dan harus sesuai dengan jawaban anda saat daftar pertama kali buat akun webmoney, seperti contoh "what mother's maiden name..., What teacher's favourit..." dsb. Bila anda lupa jawabannya, habislah riwayat akun anda. Tim support tak bisa membantu banyak dan berhenti sampai disini.
Untunglah saat itu saya ingat jawabannya, sehingga dengan mudah saya bisa mengganti nomor handphone yg lama, dan langsung saya ganti yg baru (baru beli dadakan..hehehe)
Dan yg lebih penting lagi, saya bisa memindahkan uang saya seperti biasanya walaupun tetep pake sms konfirmasi


Itulah sekelumit cerita pengalaman saya, mudah2an pembaca bisa mengambil hikmahnya dan bisa mengantisipasinya lebih awal jika mengalami kejadian seperti saya.




Update:
Ternyata ada panduan resmi dari webmoney tentang cara mengganti nomor handphone. Coba ikuti langkah2 untuk update phone number disini (copas aja linknya)
http://wiki.wmtransfer.com/wiki/show/Phone+number+update
Pilih Updating the phone number with the help of employees of the verification center
(Sorry, terjemahkan sendiri ya websitenya... :D)





No comments:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Pesan