Friday, June 10, 2011

Cara Mengatasi Orang Pingsan





Ketika artikel ini saya tulis, saya baru saja mengalami sendiri membantu orang yang pingsan. Sengaja saya tulis disini untuk sekedar sharing bagi anda yang mungkin juga pernah mengalami hal serupa, yakni mengetahui orang yang sedang pingsan dan tak tahu harus bagaimana cara menolongnya. Apalagi kalo yang pingsan adalah tetangga atau saudara sendiri.. uuhh makin bingung jadinya.
Pertama-tama yang harus anda lakukan ketika mendapati orang pingsan adalah membaringkan ke tempat yang teduh yang banyak mengandung oksigen.


  1. Apabila wajah orang tersebut pucat pasi, buatlah badannya lebih tinggi dari kepalanya dengan cara menyanggah bantal atau sesuatu sehingga kaki lebih tinggi dari kepala. Diharapkan dengan cara demikian darah dari badan akan dapat mengalir ke kepala korban yang sedang pingsan tersebut, sehingga tetap dapat tersuplay oksigen.
  2. Apabila muka orang tersebut merah, maka sanggah kepalanya dengan bantal, agar darah bisa mengalir normal dari kepala ke tubuhnya.
  3. Gunakan bau-bauan yang menyengat seperti minyak angin dsb untuk merangsang dan mengembalikan kesadaran orang yang sedang pingsan.
  4. Lepaskan / kendurkan pakaian atau aksesoris yang melekat di tubuhnya agar darah bisa mengalir lancar dan orang tsb dapat bernapas longgar sehingga terpenuhi kebutuhan oksigen. Tapi awas jangan sampai dilecehkan..!!
  5. Miringkan badan korban, apabila si korban mau muntah, sehingga muntahan bisa keluar dengan lancar dan jalur pernapasan tetap normal kembali.
  6. Apabila orang tersebut sudah sadar, berikan minuman hangat seperti kopi atau teh hangat. Jika belum kuat memegang gelas sendiri, bantulah meminumkannya. Jika orang tsb ada penyakit diabetes, jangan dikasih gula.
  7. Apabila dengan cara tersebut korban belum sadarkan diri, atau lama sekali sadarnya, segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis yang lebih baik.
  8. Harap diwaspadai juga orang2 di sekitar kita yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan dengan menjarah barang2 milik korban, jangan sampai mereka mencopet saat orang2 lagi sibuk membantu korban.

Dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Pesan